Gereja Katolik St. Stefanus Paroki Cilandak

Paroki Cilandak - KAJ

Gereja Katolik Santo Stefanus

Facebook Twitter

Legio Mariae

Presidium Legio Maria yang ada di gereja St Stefanus Paroki Cilandak:

1. Legio Maria Ratu Para Saksi Iman

LM Para Saksi Imanberdiri sejak tahun...,

mempunyai rapat rutin setiap hari.... pk..

Saat ini ketua Presidium adalah Theresia Patty


2. Legio Maria Bunda Rahmat Illahi, berdiri sejak tahun ...

LM Bunda Rahmat Ilahi

berdiri sejak tahun...,

 mempunyai rapat rutin setiap hari.... pk..

 Saat ini ketua Presidium adalah

Ketua Theresia Lamalouk


3. Legio Maria Ratu Pencinta Damai (remaja/OMK), berdiri tahun ...

LM Ratu Pencinta Damai

berdiri sejak tahun...,

 mempunyai rapat rutin setiap hari.... pk..

 Saat ini ketua Presidium adalah

Ketua Winny Fred

 

 

Buku Doa Legio Maria


Legio Mariae, berarti “Tentara Maria”, merupakan organisasi/perkumpulan umat Katolik di dalam satu paroki, yang mendapat restu dari Dewan Gerejanya dan dibimbing dalam doa bersama Bunda Maria, menggabungkan diri ke dalam suatu laskar untuk bertempur dalam peperangan abadi antara Gereja melawan dunia dan kekuatan jahatnya (Buku Pegangan Bab 1).


 


Legio Mariae berdiri sejak 1921, pencetusnya adalan Frank Duff (1889-1980). Tujuan Legio Mariae adalah kemuliaan Tuhan melalui pengudusan diri para anggotanya dan pertemuan dengan orang lain dalam melakukan karya pastoral terutama melalui kunjungan,

Anggota Legio Mariae disebut para legioner / legiun, para tentara Maria yang  terpanggil untuk banyak berdoa dan bermatiraga serta melakukan pelayanan kepada sesama, misalnya mengunjungi orang yang sakit, cacat, dan jompo. Legiun juga diutus untuk membantu mereka yang mengalami masalah dalam keluarga. Misalnya, dengan cara menghibur, mendoakan ataupun mengajak mereka ke Pastor Paroki. Selain itu, para legiun juga melakukan tugas-tugas kerasulan lain, membantu para katekis adalah salah satu di antaranya.


Altar rapat Legio Maria






Dengan berdoa dan melaksanakan tugas-tugas kerasulan inilah para legiun semakin melihat dan merasakan kehadiran Allah dalam diri sesamanya. Banyak pengalaman dan kekuatan iman dialami oleh para legioner.

Unit dasar dari Legiun disebut presidium , yang biasanya berbasis di paroki. Sebuah presidium memiliki sebuah nama sebutan Bunda Maria misalnya "Ratu Rosario" dan mempunyai sebuah bendera ketentaraannya. Sebuah paroki mungkin memiliki lebih dari satu presidium. Untuk menjadi legiun/legioner aktif perlu untuk mengajukan keanggotaan dalam presidium, yang mengadakan pertemuan mingguan dan mengalokasikan tugas kerasulan mingguan kepada anggota, yang umumnya bekerja berpasangan. Setelah periode sukses percobaan, anggota dipanggil untuk membuat janji legiun (hanya berlaku untuk anggota lebih dari 18 tahun) yang diarahkan kepada Roh Kudus . Menyadari kebutuhan untuk dukungan yang kuat dari doa, Legiun memiliki anggota Auxiliary (anggota pendoa), mereka diminta untuk berdoa seluruh rangkaian doa Legio setiap harinya demi intensi kepada Bunda Maria.  Kelembagaan Legio Maria Legiun layaknya kelembagaan tentara, ada rapat-rapat berbagai dewan di tingkat lokal , regional dan nasional. Dewan pusat, Concilium Legionis Mariae , bertemu setiap tahun di Dublin. Legio Maria telah tersebar kelebih dari 170 negara.

Dalam membantu tugas pastoral para Romo di paroki Stefanus, tuntutan akan pelayanan umat makin besar, maka menjadi tentara Maria kita ikut mengambil bagian dalam tugas-tugas kerasulan di gereja.Legio Mariae terbuka bagi setiap umat paroki Santo Stefanus, yang tergerak melakukan karya kerasulan awam dan bersedia memenuhi setiap kewajiban sebagai Legioner.  Bagi umat yang tertarik dengan karya pelayanan, boleh saja mampir dalam salah satu rapat dari presidium yang ada di Paroki kita dengan ijin ketuanya

bendera legio maria




Loading...